Categories
My Blog

Ekspansi Bisnis Grup BAUER di Asia Tenggara

Melihat potensi pasar yang cukup besar di Asia, grup asal Eropa ini turut berpartisipasi di pameran alat pertanian Agritechnica Asia 2017 di Bangkok, Thailand (15- 17/3). Di pameran itu, gr up BAUER memamerkan produk untuk irigasi dan sistem pengelolaan air limbah.

Klaus Ferk, Sales Director Asia, Australia, and New Zealand Grup BAUER mengatakan, “Setelah Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, produk kami yang penjualannya meningkat di Asia. Kami akan terus berekspansi di sini.”

Lebih jauh Ferk mengungkapkan, sistem irigasi, maupun mesin pemisah (separator) dan pompa untuk proses pembuburan, produk keluaran BAUER telah digunakan bertahun-tahun di Thailand, Filipina, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, Mona Taruna, Country Manager untuk Indonesia dan Malaysia grup BAUER mengatakan, produknya sudah digunakan sejak 30 tahun yang lalu. “Contohnya di Lampung, ada perusahaan perkebunan yang pakai produk irigasi kita dari 1997 dan sampai sekarang masih setia,” katanya.

Kualitas Nomor Satu

Dibentuk sejak 1930, gr up BAUER terbilang sangat berpengalaman di bidang penyediaan sistem irigasi yang berkualitas tinggi. Hal ini diungkapkan Klaus Ferk saat diwawancarai di kancah Agritechnica Asia. “Kami tidak ingin memproduksi peralatan dengan kualitas yang rendah. Produk kami har us tahan lama bahkan bisa bertahan hingga 25-30 tahun,” katanya.

Totalitas pelayanan yang diberikan untuk pelanggan cukup serius. Perusahaan ini memberikan garansi dua tahun untuk semua produknya dan juga menyediakan suku cadang serta layanan purna jual yang baik. Mona menegaskan, pelayanan juga merupakan kunci bertahannya bisnis ini hingga puluhan tahun.

“Mesin dengan ketahanan yang lama dan pelayanan kepada pelanggan merupakan kelebihan kita dari para pesaing. Dengan kelebihan itulah perusahaan kami terbukti eksis sampai sekarang,” cetus Mona.

Di pameran tersebut, Klaus mengaku puas dengan pengunjung yang menyambangi stannya karena berasal dari beberapa negara. Bukan hanya dari Thailand dan Indonesia, tetapi juga dari Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Jepang. Pria yang bergabung dengan grup BAUER sejak 2009 ini berharap dapat bermitra lebih lama dengan pelanggan yang tersebar di Asia. Pihaknya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan membawa teknologi yang dapat diadaptasi untuk pasar lokal.

Produk yang Dipamerkan

BAUER menempati stan seluas 48 m2 di aula 106 Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Bangkok. Di situ, per usahaan yang memimpin teknologi irigasi di pasar global ini memamerkan teknologi irigasi seper ti Rainstar T42 dan Smar tTouch. Selain itu, BAUER juga menampilkan teknologi pengelolaan air limbah seper ti separator S 655/S 855, Bedding Recovery Unit (BRU), The New “Plug & Play” Separator, dan Submersible Motor Mixer MSXH.

Rainstar E merupakan produk premium dengan teknologi irigasi cerdas model Rainstar yang hemat biaya. “Produk ini merupakan gabungan antara kualitas, stabilitas, efisiensi, dan nilai yang stabil,” terang Franz Peter Roll, Product Manager BAUER.

Menggunakan turbin TVR 60, dengan sedikit atau banyak air, turbin tetap dapat bekerja secara efisien. Dan yang lebih keren, pengaturan waktu dan tingkat pengendapan bisa dilakukan hanya dengan menyentuh tombol yang energinya bersumber dari panel surya dan baterai 12 volt.

Di samping itu, ada BRU yang dapat menurunkan ongkos produksi sehingga menghasilkan susu sapi dengan hasil yang tinggi. Alat ini dapat memisahkan, mengeringkan, dan membersihkan serat yang tidak tercerna dari kotoran sapi. Kelebihan dari output BAUER BRU antara lain yaitu kualitas kebersihannya tinggi, segar dan tersedia setiap hari, material kasur sapinya kering, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk kasur sapi sehingga mengurangi ongkos produksi. Kualitasnya terjaga, memiliki siklus ekologi yang baik, dan sangat animal welfare sehingga meningkatkan produksi susu sapi.

Selanjutnya ada juga mesin pemisah feses “plug & play” yang mudah dipindahkan ke lokasi lain. Mesin ini dapat menghasilkan kasur (bedding) berkualitas tinggi untuk sapi, mengoptimalkan pemrosesan kotoran babi, dan mendaur ulang limbah di industri makanan olahan. Mesin ini tersedia dalam tiga varian, yaitu S 655/655 HD, S 855/855 HD, dan 855 GB. Fitur mesin ini antara lain seperti pemisah, pompa sekrup eksentrik, pompa putar yang bisa dilepaskan, dan kontrol elektronik.

Selain itu, ada juga pompa benam yang mampu mengantarkan cairan sampai 80 m3/jam dan memutar dengan kecepatan 1450 rpm dan motor pencampur benam (submersible motor mixer) MSXH untuk menghomogenkan cairan dengan gas bertekanan 6 bar.

Pasar Asia Tenggara Di Thailand, sudah banyak perusahaan yang mempercayai kualitas produk berlabel “Made in Austria” ini. Pelanggan setia bertahun-tahun menggunakan sistem irigasi, mesin pemisah, dan pompa keluaran BAUER.

Untuk pasar Filipina, BAUER men- jual produk seri Rainstar bekerja sama dengan distributor lokal, TractorCo, di Pulau Negros. Beberapa perusaaan perkebunan tebu di sana telah menggunakan mesin irigasinya sejak 2016. Sedangkan di Indonesia, ada permintaan yang cukup signifikan untuk teknologi pengelolaan limbah.

Dengan produksi pertanian yang intensif dan populasi mencapai 90 jutaan jiwa, Vietnam termasuk salah satu pasar potensial berbagai jenis peralatan pertanian. BAUER sendiri sudah mulai membuka pasar di sana. “Beberapa mesin irigasi sudah terjual. Salah satu industri sapi perah terkemuka di Vietnam telah memesan mesin pemisah, pencampur, dan pompa untuk optimalisasi pengelolaan kotorannya,” jelas Ferk.

BAUER juga sudah menjajaki pasar Asia Tenggara lain seper ti Kamboja, Myanmar, dan Laos. Selain itu, Tiongkok juga memiliki potensi pasar yang besar dan strategis sehingga BAUER tidak ragu menempatkan tiga stafnya menggarap pasar besar tersebut.

Ferk menargetkan adanya penetrasi pasar dengan paling tidak ada satu dealer BAUER di tiap provinsi di Tiongkok beberapa tahun ke depan. Untuk Tiongkok bagian utara, sudah tercatat adanya penjualan mesin irigasi dan pengelolaan kotoran untuk lahan babi dan sapi perah.